HARI BATIK NASIONAL

 



Tanggal 2 Oktober 2020 yang diperingati sebagai hari batik nasional jatuh pada hari Jum'at. Hari batik nasional ini hari peringati untuk mengenang ditetapkannya batik sebagai  Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2009.

Peringatan hari batik ini ditandai dengan seluruh instansi pemerintah maupun swasta memakai batik, yang merupakan ciri khas busana Indonesia. Busana batik ini banyak sekali jenis nya, bahkan hampir setiap daerah mempunyai batik dengan karakter khasnya. 

Peringatan hari batik nasional ini bertujuan agar batik tetap lestari dan diakui oleh bangsa lain. Sebagai warga Indonesia kita patut berbangga karena kita memiliki busana khas yang bermotif indah, bahkan bercorak sebagaimana benda benda yang ada dilingkungan sekitar kita. Contoh bermotif tanaman, bunga, hewan ataupun pemandangan yang lain.

Agar batik ini tidak punah, hendaknya kita melestarikannya dengan cara mencintai produk dalam negeri ini dengan memakai busana batik, memperkenalkan batik ke mancanegara, mendesain batik sebagai bahan untuk busana modern.


Sekarang banyak dijumpai berbagai macam model busana dari yang tradisional sampai yang modern dengan motif batik. Pakaian kantor, busana kerja, seragam maupun busana yang lainnya, mereka tampak cantik dan elegan memakai busana batik Indonesia.

Semoga batik tetap di hati masyarakat Indonesian untuk Mendunia. Selamat Hari Batik Nasional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAQWA

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH DI DAMASKUS

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3