Webinar Penulisan Artikel Ilmiah Berbuah “ Jurnal Ilmiah”


 

Awal September 2020 di grup w.a sekolah ada flyer tentang webinar dari group MGMP Bahasa Indonesia Kab. Gresik. Pemberitahuan ini saya baca sekilas saja, belum ada ketertarikan untuk mengikuti acara ini. Karena dalam menutut saya nanti yang dibahas temanya tentang mapel bahasa Indonesia, yang notabene berbeda dengan mapel yang saya ampu. Selain itu saya juga mengira webinar ini khusus untuk guru bahasa Indonesia saja.

Pada akhirnya sampai waktu pendaftaran sudah diujung  dead line, kira-kira kurang satu hari saya diajak teman untuk daftar dan ikut webinar ini. Beliau menjelaskan bahwa acara ini berlaku untuk umum, dan membahas materi tentang “strategi penulisan artikel” dan beberapa tema yang lain, dengan pembicara Bpk Dr. Mustaqim, SS, beliau adalah pengawas SMA Dispendik  Jawa Timur. Beliau juga Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah Namira Dinas Pendidikan Kab. Gresik. Saya berpikir lagi, sepertinya webinar ini sangat menarik untuk diikuti, apalagi saya masih belum paham cara menulis artikel di jurnal Namira.

Tanpa ragu dan mantap akhirnya saya mendaftarkan diri di hari terakhir. Keesokan harinya tanggal 8 September 2020 pukul 09.00 WIB webinar dimulai, dengan diawali dengan pembukaan dan motivasi dari Bapak Mahin, S.Pd, MM sebagai kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. Beliau menyampaikan pentingnya menulis penelitian tindakan kelas bagi guru, supaya dapat menjadi refleksi sebagai bahan meningkatkan KBM.

Acara yang kedua, yaitu “Strategi Menulis Artikel Ilmiah” dan diberikan kiat atau petunjuk penulisan artikel ilmiah pada Jurnal Pendidikan Namira. Sangat menarik mengikuti acara ini, dan akhirnya beliau memberikan tantangan kepada peserta untuk membuat jurnal ilmiah pendidikan dan sepuluh peserta terbaik akan diterbitkan di “Jurnal Namira”. Rasanya ‘woow” dan “sesuatu” ,  tantangan yang mengiurkan. Beliau memberikan waktu satu minggu untuk menyelesaikan tugas ini.

Berbekal dari hasil belajar On line lewat w.a PGRI- Om jay yang salah satu materinya adalah mengubah PTK menjadi buku, maka sekarang mengubah PTK menjadi Artikel Ilmiah. Belajar menulis yang saya dapatkan dari kelas on line PGRI dan Webinar penulisan ilmiah ini, pelan-pelan saya menuangkan tulisan dalam bentuk artikel semampu saya, dengan berdasarkan kriteria penulisan artikel ilmiah Namira. Sebelum dead line saya mengirimkan tugas ini ke panitia.

Dua minggu setelahnya ada w.a berbunyi, ternyata w.a dari panitia webinar yang memberitahukan bahwa tugas yang saya kirimkan masuk sepuluh besar dan akan diterbitkan oleh Tim Jurnal NAMIRA. Alhamdulillah, rasa syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan saya kesempatan untuk menulis di jurnal ini.

Semoga semangat belajar menulis yang baru mulai dan tertatih-tatih ini pelan-pelan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Terimaksih atas bimbingan dan motivasinya dari berbagai pihak kepada saya.


Ini merupakan tulisan saya yang pertama yang lolos masuk junal. Artikel ini berasal dari penelitian tindakan kelas yang pernah saya lakukan. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAQWA

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH DI DAMASKUS

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3