JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.1

 


JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.1

Oleh : Siti Nor Hanifah,S.Pd.I, M.Pd
( Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari UPT SMP Negeri 2 Gresik )

Jurnal refleksi dwi mingguan ini merupakan salah satu tugas yang harus diselesaikan oleh calon guru penggerak. Sebagai calon guru penggerak sudah merupakan kewajiban untuk melaksanakan refleksi dwi mingguan untuk merefleksi seluruh rangkaian kegiatan selama CGP mengikuti kegiatan dalam mempelajari modul 1.1 yaitu tentang "Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan".

Untuk melaksanakan analisis materi 1.1, saya menggunakan model analisis 4F yang dipopulerkan oleh De. Roger Greenaway , yaitu:

Fact (peristiwa) : Ceritakan pengalaman anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau saat aksi nyata ke dalam kelas? Hal baik yang saya alami dalam proses tersebut. Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut.

Felling (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung pada minggu ini? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki rasa tersebut!

Findings (Pembelajaran) : Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?

Future (Penerapan) : Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal yang serupa dimasa depan? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini?

Hasil refleksi yang saya lakukan dalam dua minggu ini yang telah saya lakukan:

Fact (Peristiwa)
Saya mengikuti seleksi guru penggerak angkatan 7 ini dengan perasaan yang dag-dig-dug, pasalnya saya pernah mengikuti seleksi sebelumnya, yaitu GP angkatan 6 pada bulan Februari 2022. Tapi pada angkatan ini berkas essay dan CV saya belum bisa dikirim, karena gangguan teknis. Pada dasarnya ini kecerobohan sendiri, karena saya mengisi ESSAY sudah di hari terakhir dengan detik-detik terakhir. Semua Essay sudah saya jawab, tetapi atas izin Allah, Essay saya tidak dapat terkirim, karena melebihi batas waktu akhir pengiriman. Kebetulan wifi dirumah ada gangguan di detik-detik terakhir. Maka Atas rahmat Allah, kemudian ada pengumumun seleksi calon guru penggerak angkatan 7, luar biasa rasa senang, haru menyelimuti hatiku, karena saya masih diberi kesempatan oleh Allah untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya. Qadarullah..semua sudah direncanakan-Nya . Saya pada bulan April mengikuti seleksi kembali, dan berkas terkirim pada bulan April. Alhamdulillah ada pengumuman saya dinyatakan lulus seleksi tahap 1.
Pada bulan Juli tanggal 20 tahun 2022 saya kembali terpanggil mengikuti seleksi mengajar, kebetulan saya dapat hari Rabu tanggal 20 untuk seleksi mengajar 10 menit.  Saya menggunakan RPP K-13 dengan KD, memahami ketentuan shalat Jama' Qasar.  Selain itu juga seleksi wawancara pada tanggal 20 Agustus 2022, alhamdulillah berjalan dengan lancar. Sampai akhirnya pada tanggal 28 September 2022 saya mendapat kiriman file pengumumuan seleksi CGP angkatan 7, alhamdulillah Allah telah memberikan kesempatan saya untuk belajar dan berbagi. Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan.

Setelah pengumuman tahap 2, maka calon-calon CGP ini melaksanakan pemberkasan, dengan mengirimkan Pakta Integritas di laman SIM-PKB paling lambat tanggal 20 Oktober 2022. Pada tanggal yang sama kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan "Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak" yang di buka langsung oleh Bapak Menteri .

LOkakarya Orientasi diadakan hari Minggu, tanggal 23 Oktober 2022, kegiatan di buka Bapak Kabid Dinas pendidikan Gresik.
Setelah pembukaan dari Bapak Menteri Pendidikan, maka yang pukul 12.20 WIB ada pembukaan pendidikan, dan Tim BBGP Jawa Timur.

1. Pembukaan CGP angkatan 7 secara ON-Line , diikut oleh seluruh CGP se Indonesia.
        Pembukaan pendiidkan guru penggerak dilaksanakan secara serentak pada tanggal 20 Oktober 2022 pukul 11.00 WIB secara daring. Kegiatan ini di buka oleh  Mendtri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim.  

2. Pembukaan dan Penjelasan dari BBGP Jawa Timur
Kegiatan ini tentang sosialisasi LMS dan informasi tentang Pres Tes. Pre Tes awal Paket Model 1 dilaksanakan tanggal 21 OKtober mulai pukul 08.00 sd 11.59 WIB.

3. Sabtu Tanggal 22 Oktober 2022 . Ada kegiatan meeting dengan bapak Fasilitator untuk menyampaikan persepsi dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas di LMS sekaligus perkenalan lewat Google Meeting.
  
4. Lokakarya Orientasi tanggal 23 Oktober 2022.
     Kegiatan ini laksanakan di aula Dinas Pendidikan Gresik, di hadiri oleh Bapak  Harianto,M.Pd


5.  Kegiatan Diskusi Modul 1.1 di ruang diskusi virtual di LMS tanggal 26 OKtober 2022 . Pukul 13.00 - 14.00 WIB. Modul 1.1 Tentang Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara. Setelah diskusi maka hasil diskusi ini diunggah dalam "unggahan kolaborasi:

6. Kegiataan Meeting di LMS



7. Kegiatan Elaborasi dengan Bapak Instruktur  Bapak Drs. Anang Purwanto,M.Pd dari Pengawas SMK Jawa Timur. Kegitan ini dilaksanakan pada tanggal 2 November 2022 pada hari Rabu pukul 13.00 sd 14.30 WIB.


Alhamdulillah...kegiatan Modul 1.1 sudah terlaksana dengan baik. 

FELLING (PERASAAN)
 Tanggal 28 Oktober 2022, saya dapat W.a dari teman MGMP  dan dikirim file tentang pengumuman kelulusan CGP tahap 7.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAQWA

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH DI DAMASKUS

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3