MULAI DARI DIRI MODUL 1.2

 REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

    Harapan saya setelah mempelajari modul 1.1 ini maka akan menambah wawasan saya tentang pendidikan menurut KHD. Sehingga saya dapat menerapkan nilai-nilai pendidikan KHD dalam proses pembelajaran di kelas. Nilai-nilai pendidikan yang berpihak pada murid semoga dapat diterapkan dengan optimal.

2. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Harapan yang ingin saya lihat pada murid-murid saya setelah mempelajari modul ini adalah murid-murid dapat mengembangkan minat, bakat dan potensinya sesuai yang ada dalam dirinya, bukan karena intimidasi dari orang lain. Murid dapat belajar dengan nyaman, senang, semangat dan penuh dengan kreativitas. Murid mampu menjadi agen perubahan dalam pendidikan, dan membawa nilai-nilai profil pelajar pancasila di dalam kehidupan di msyarakat.

3. Apa saja kegiatan, materi, manfaat  yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatannya adalah menggunakan alur MERDEKA (mulai dari diri, eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Koneksi Antar materi dan Aksi nyata). Melalui model ini saya banyak belajar tentang materi pemikiran KHD dalam pendidikan. Materinya adalah : pemikiran KHD dalam pendidikan, Trilogi pendidikan (Keluarga, sekolah, masyarakat), konsep "murid " menurut KHD, kodrat alam dan kodrat zaman.

Manfaat semoga kita pendidik dapat membantu murid untuk tumbuh dan mengembangkan potensi dirinya secara optimal. pendiidk dapat menjadi tuladan (ketika didepan), penyemangat (ketika ada ditengah) dan pendorong ketika ada di belakang. sehingga murid merasa diayomi dan ddukung dalam proses KBM.

salam Guru penggerak. Tergerak. Bergerak. Menggerakkan.

Salam guru guru hebat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAQWA

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH DI DAMASKUS

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3