PERANAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DARING DAN LURING YANG MENYENANGKAN

 

PERANAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

DARING DAN LURING YANG MENYENANGKAN

Oleh : Siti Nor Hanifah






Teknologi adalah semua sarana dan prasarana yang mendukung dan mempermudah manusia dalam kehidupannya. Teknologi dapat membantu meringankan kerja manusia walaupun di sisi ada dampak negatifnya, tetapi apabila kita dapat memanfaatkannya dengan baikmaka kita bisa berteman dengannya. Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan dalam segala aspek kehidupan, baik ekonomi, sosial, budaya, ketahanan maupun pendidikan.

Dalam pendidikan peranan teknologi sangatlah penting, dengan kemajuan teknologi dapat membantu proses kegiatan pembelajaran (KBM). Pada masa pandemi ini kemajuan teknologi sangat mendominasi dalam pembelajaran di rumah (BDR). Adanya wfh maka banyak guru yang memanfaatkan teknologi, contohnya media pembelajarannya dengan menggunakan google classroom, zoom meeting, google meet, whatapp, video call, fb, dan aplikasi aplikasi yang lain yang memanfaatkan teknologi.

Kami menyadari tugas guru tidak hanya menyampaikan materi atau menghabiskan kurikulum dan menyampaikan ke siswa, tetapi lebih dari itu selain transfer of knowledge  (transfer pengetahun), tetapi lebih luas dari itu yaitu transfer of value (transfer nilai-nilai). Siswa yang dibekali dengan pengetahuan maka harus didampingi dengan nilai-nilai agama dan karakter dari bangsa Indonesia, agar siswa yang cerdas dan menguasai teknologi tidak akan lupa pada sang pencipta ilmu.

Tugas guru memang tidak bisa digantikan oleh teknologi, tetapi teknologi dapat membantu guru dalam proses pembelajaran daring yang menyenangkan, yang membuat siswa tidak jenuh karena banyak tugas dan hanya tugas. Siswa dan guru akan sama-sama senang apabila mereka bisa bertatap muka langsung walaupun didunia maya (daring), yaitu dapat menggunakan zoom meeting, google meet, video call atau media yang lainnya. Sehingga mereka dapat saling menyapa dan melihat tingkah laku siswanya. Atau melalui video dari berbagai macam aplikasi kinemaster,movavi,camtasia, dan sebagainya. Media ini dapat digunakan karena teknologi, oleh karena itu dua hal ini bisa bejalan beriringan secara serasi. Apa lagi sekarang BDR maka salah satu solusi adalah pemanfatan teknologi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Selain di sekolah, teknologi juga dimanfaatkan di lembaga pendidikan Islam (TPQ) yang bergerak dalam pendidikan Al–Quran juga memanfaatkan kemajuan IT, pada masa pandemi ini ada lembaga TPQ yang menggunakan zoom meeting, google meet, video call dalam memfasilitasi pembelajaran al quran. Selain itu lomba-lomba qiroah (MTQ), hafalan Al Quran, pidato juga memanfaatkan kemajuan teknologi, karena mereka merekam dan memvideo hafalannya, pidatonya atau qiroahnya dan di upload di youtube. Hal ini menandakan hawa kemajuan teknologi juga membawa pengaruh positif dalam pendidikan agama Islam.

Ketika guru melaksanakan pembelajaran offline (tatap muka), peranan teknologi juga sangat penting yaitu membantu guru dalam pemanfaatan media pembelajaran seperti LCD, pembuatan power point, rekaman (pembelajaran), siswa dan guru lebih dimudahkan, dengan pembelajaran yang menyenangkan maka penanaman nilai-nilai agama dan karakter kebangsaan dapat tercapai.

Selain itu dalam proses penilaian, walaupun sebelum pandemi cara ini hampir diterapkan di semua sekolah, yaitu UN berbasis CBT. Di tempat saya mengajar sejak tahun 2018/2019 PTS, PAT, UASBN PAI menggunakan CBT. Hal ini penunjukkan peranan teknologi itu penting dalam memperlancar proses pembelajaran agar ramah anak dan menyenangkan. Oleh karena itu guru dan siswa harus membersamai segala perubahan agar tujuan pendidikan nasional dapat tercapai.

Semoga kemajuan teknologi ini membawa pengaruh yang positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

Profil Penulis


    Siti Nor Hanifah, S.Pd.I, M.Pd, Lahir di Jawa Tengah yaitu di Pati, 27 Mei 1980. Pertama kali mengajar tahun 2001 dan tahun 2009 Berprofesi sebagai guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di UPT SMP Negeri 2 Gresik Jawa Timur. Menekuni dunia menulis sejak mengikuti kelas Belajar Menulis gelombang 14.

No Hp : 081931759973

Facebook: Siti Nor Hanifah. Email: hanifahsmpn2@gmail.com

https://pembelajaranmenulis-hanifah.blogspot.com/

# PGRI

#KOGTIK

#EPSON

#KSGN

https://forms.gle/VJUs19UgrZ3rtK619

http://gurupenggerakindonesia.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAQWA

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH DI DAMASKUS

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3