ZAKAT MAL ATAU ZAKAT HARTA

 ZAKAT MAL ATAU ZAKAT HARTA


Pengertian Zakat Mal

Zakat Mal adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh orang Islam untuk membersihkan harta yang dimilikinya dengan syarat tertentu. Hukum mengeluarkan zakat mal adalah wajib bagi yang memenuhi syarat.

Adapun syarat syarat muzakki

1. Islam

2. Merdeka

3. Milik sempurna

4. Mencapai satu nisob. Nisob yaitu batas minimal harta sehingga wajib dikeluarkan zakatnya

5. Haul (harta yang dimiliki sudah mencapai satu tahun)


Harta Yang Wajib di zakati

1. Emas atau perak

    Emas dan perak yang berupa harta simpanan wajib dizakati. Besarnya nisob yaitu sebesar 93,6 gram (emas) dan 624 gram (perak). Kadar zakat atau nisobnya sebesar 2,5%

2. Harta Perniagaan

Harta perniagaan atau harta pedagangan . zakat niaga ini disyaratkan selama 1 tahun dansudah mencapai nisob . Nisobnya senilai dengan emas yaitu sebesar 93,6 gram. Kadar zakat atau nisobnya yaitu 2,5 %. 

3. Peternakan

Binatang ternak wajib dizakati dan kadar zakatnya. Perhatikan tabel di bawah ini.

                Sumber gambar:gamaisonline.wordpress.com

4.  Pertanian
     Hasil pertanian yang memproduksi makanan pokok seperti padi, gandum, sagu dan lain-lain. Zakat pertanian ini dikeluarkan setiap panen jika sudah memenuhi syarat. Nisob nya sebesar 750 kg (5 wasaq) dengan kadar zakat 10% apabila tidak ada tambahan biaya dalam pertaniannya (air dari tadah hujan) dan 5% jika ada tambahan biaya (pengairan dari irigasi)

5. Harta Temuan (Rikaz)
Harta rikaz atau harta temuan adalah harta terpendam yang ditemukan dan tidak bertuan lagi dan sudah diumumkan. Besarnya zakat temuan ini adalah 20%.

6. Zakat Profesi 
Zakat profesi merupakan jenis zakat hasil ijtima' para ulama'. Ketentuan nisobnya sama dengan emas dan kadar zakatnya 2,5%. Teknis pemberiannya bisa setiap tahun, setiap bulan atau setiap saat mendapatkannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAQWA

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH DI DAMASKUS

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3