PENULISAN ARTIKEL "JURNAL NAMIRA" DINAS PENDIDIKAN GRESIK

PETUNJUK PENULISAN

JURNAL PENDIDIKAN “NAMIRA”

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilaksanakan oleh guru di kelasnya masing-masing dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Hasil dari penelitian ini disusun dalam bentuk laporan PTK. Selain itu PTK ini juga dapat diubah menjadi artikel pendidikan yang dapat dipublikasikan melalui jurnal,seperti “Jurnal Namira”. Penelitian tindakan kelas yang dikembangkan juga dapat diolah menjadi buku referensi bagi guru mata pelajaran yang bersangkutan atau dapat digunakan rujukan guru yang tidak serumpun.

Untuk dapat dipublikasikan di jurnal, maka PTK diolah menjadi bentuk artikel dengan gaya tulisan jurnal. Setiap jurnal pendidikan mempunyai gaya selingkung yang berbeda. Di sini akan disampaikan petunjuk penulisan artikel ilmih “Jurnal Namira”


Petunjuk penulisan "Jurnal Namira"

1.    Artikel yang ditulis untuk Jurnal Pendidikan meliputi hasil penelitian dan hasil telaah di bidang pendidikan

2.    Naskah diketik dengan program MS Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 dengan spasi 1,5 pada kertas A4 dengan panjang tulisan 8-12 halaman

3.    Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris

4.    Sistematika artikel hasil penelitian meliputi: judul, nama penulis, abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, dan daftar rujukan

5.    Judul artikel tidak boleh lebih dari 14 kata. Judul dicetak dengan huruf capital ditengah-tengah dengan ukuran huruf 14 point

6.    Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai asal lembaga, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting atau redaksi hanya berhubungan dengan penulis utama atau yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail.

7.    Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang abstrak 75-100 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-4 kata (sesuai dengan variabel penelitian/telaaah). Abstrak minimal berisi judul, tujuan, metode dan hasil penelitian.

8.    Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf dengan panjang sekitar 15-20% dari total panjang artikel.

9.    Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraph tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, analisis data, dengan panjang 10-15 % dari total panjang artikel

10.  Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian

11. Bagian kesimpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf. Saran penelitian mengacu kepada tindakan praktis, atau pengembangan teoritis, dan penelitian lanjutan. Bagian kesimpulan dan saran dapat pula disebut penutup.

12.Daftar rujukan/daftar pustaka disusun dan diurutkan secara alfabatis dan kronologis

Contoh daftar pustaka Buku:

Muslich, M. 2007. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual. Jakarta: Bumi Aksara 

           

 Yang berminat jurnal edisi ini, bisa japri : 081931759973. Terimakasih



 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAQWA

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH DI DAMASKUS

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3