JURNAL REFLEKSI MODUL 1.2

 JURNAL REFLEKSI MODUL 1.2


Jurnal refleksi dei mingguan ini merupakan salah satu tugas untuk merefleksi kegiatan CGP yang telah dilaksanakan. Melalui jurnal refleksi ini diharapkan setiap CGP memiliki pengalaman dalam mengikuti kegiatan selama dua minggu.


FACT (Peristiwa)

A.  Pembelajaran modul 1.2 di mulai dari tanggal 7 November 2022 dengam Modul “Nilai dan Peran Guru Penggerak “ pada tautan modul 1.2.a.3. Mulai dari diri sendiri secara mandiri.

Tugas CGP :

1.      Membuat diagram trapezium usia

2.      Menjawab pertanyaan reflektif di LMS terkait Trapesium usia kemudian di Add New Questions

3.      Menyatakan nilai-nilai dan peran guru penggerak

 

B.  Kegiatan hari Selasa-Rabu November 2022 pada tautan 1.2.a.4 Eksplorasi Konsep yang terbagi menjadi 2 bagian:

1.      Belajar mandiri berupa membaca bacaan yg disediakan di LMS, meonton video kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.

2.      Forum diskusi tertulis di LMS , setiap CGP menuliskan 10 kegiatan penerapan CGP di sekolah, kemudian didiskusikan dalam forum LMS. Setiap CGP menganggapi pertanyaan ataupun pernyataan CGP yang lainnya minimal 2 CGP.

C.  Kegiatan hari JUma’at tanggal 11 Nopember 2022 pukul 12.30 sd 14.30 melalukan Vicon

Kita dapat sesi 1 dengan pembagian kelompok

Kelompok 1 : Ely Safanah, Hidayatul Ilmiah, Lilik Nurul Wardani

Kelompok 2 : Maratul Muslimah, Nur Indha Winarni, Siti Mashula

Kelompok 3: Siti Nor Hanifah, Tatik Respati Sigit, IKhsan Efendi

 

Adapun kegiatan dalam diskusi virtual ini adalah Nilai nilai dan peran guru penggerak yang harus dimiliki seorang Guru Penggerak?

Nilai-nilai yang anda miliki? Dan bagaimana kita menerapkannya di sekolah?

Pada kesempatan ini kelompok 3 mempresntasikan

1.      Ikhsan Efendi menitikberatkan pada Nilai INOVATIF, dimana beliau menjelaskan adanya pembentukan kelas tahfidz, menerapkan aplikasi tes dengan nama EXAM BROWSER, dimana siswa mau masuk ke aplikasi ini harus memiliki barkot sesuai dari operator. Setelah siswa bi Login maka sudah tidak bias membuka kembali aplikasi lain, misalnya google, dan lainnya. Selain itu Pak ikhsan juga sebagai coordinator gelar karya P5 di sekolahnya yang digelar secara mandiri dihalaman sekolah,maupun diluar sekolah.

2.      Siti Nor Hanifah, nilai yang menonjol adalah KOLABORATIF.

Penerapan nilai kolaboratif ini adalah bekerjasama dengan wali murid dalam membimbing siswa pada program P5 di sekolah, kebetulan mengambil tema Kearifan Lokal sub tema Kewirausahaan Kuliner Khas Gresik. Wali murid mengajari siswa membuat pudak, Bekerjasama dengan wali murid dalam mensukseskan uji petik program Tahfidz, Pelasanaan SPENDA BERSHOLAWAT yang melibatkan banyak elemen, diantaranya Guru, OSIS, siswa dan komite sekolah agar kegiatan ini sukses, Ada nya deklarasi Anti Bullying di sekolah merupakan bentuk kerjasama GPAI dengan tim sekolah.

Bekerjasama dengan GALERY PUDAK kabupaten Gresik untuk acara Gelar Karya di luar sekolah, dan bersama-sama dengan UMKM yang lainnya untuk saling mengisi dan berkolaborasi tentang makanan khas gresik hasil P5.

3.      Tatik Respati, Beliau menitik beratkan pada MANDIRI. Artinya maju dan sukses berasal dari diri sendiri, bukan berarti tidak memerlukan bantuan orang lain. Tetapi lebih menenkan kan pada potensi yang menonjol dari dirinya sendiri untuk dikembangkan agar bermanfaat bagi siswa dan orang lain. Sebagai contoh kemampuan mendongeng..maka ketika ada kegiatan di sekolah (kebetulan TK), maka sekolah dapat memanfaatkan potensi mendongeng yang dimiliki oleh bu Tatik ini, tidak harus mengundang dari luar. Beliau juga mahir dalam bidang fotografi, maka ketika ada kegiatan di skeolah dapat memanfaatkan kemampuannya untuk membantu program sekolah.

4.      Mukhlas. Beliau menonjol pada nilai :Berpusat Pada Peserta Didik. Artinya beliau setiap pembelajaran selalu berpihak pada siswa, dimana model pembelajarannya menghamba pada sswa. Berbagai macam karakteristik siswa, gaya belajar dan kemmapuan berbeda diperkecil perbedaanya, agar dapat tumbuh dan berkembang kelebihan yang dimiliki siswa.

Pada kegiatan ini berlangsung mulai pukul 13.00 sd 17.00 WIB.

 

KEGIATAN ELABORASI pada tanggal 17 Nopember 2022 mulai pukul 13.00 sd 14.30 dengan instruktur Sri Prihartini Mulia. Dengan alamat maya: https://meet.google.com/iko-urrt-bbv.

Pada kegiatan ini sangat menarik.

 

 FEELING (Perasaan)

Ketika mengikuti kegiatan pada modul 1.2 ini perasaan saya senang sekali. Karena kita calon-calon guru penggerak dapat sharing bersama dengan CGP lainnya berkaitan dengan peran dan nilai-nilai guru penggerak yang harus kita miliki. Rasa semangat untuk memajukan pendidikan kian bertambah dengan mendengarkan pengalaman teman-teman CGP yang lainnya dalam berjuang mensukseskan program sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

 

FINDING (PEMBELAJARAN)

Setelah mempelajari modul 1.2 ini banyak hal yang dapat saya pelajari diantarany: Peran dan nilai-nilai guru penggerak , yaitu diantaranya berpusat pada peserta didik, Inovatif,.Kolaboratif, Mandiri, Reflektif. Diantara nilai di atas yang menonjol pada diri saya adalah kolaboratif, artinya siap untuk bekerjasama memajukan pendidikan. Nilai- nilai ini diharapkan ada pada setiap CGP agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan di Indonesia dengan tetap menjaga nilai-nilai luhur bangsa.

Peran guru penggerak diantaranya adalah menjadi Coaching bagi teman sejawat, artinya Ia harus mampun mendiseminasikan ilmu yang sudah diperoleh kepada teman yang lainnya. Menjadi pemimpin pembelajar, artinya Ia menjadi manager dalam kelas, mendesain, mengkonsep dan menerapkan ide-ide untuk menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki siswa.

 

FUTURE (PENERAPAN)

Kegiatan ini dalam modul 1.2 ini sangat bermanfaat bagi saya dan dapat diterapkan di sekolah.

1)      Pendidikan perpusat pada peserta didik. Pada konsep ini maka dapat diterpakan ketika sedang KBM siswa diajak untuk belajar bersama-sama dan berpusat pada kemmapuan dan potensi ssiwa, tidak memaksakan kemauan guru kepada siswa. Siswa dapat di ajak BERMAIN sambal BELAJAR. Misal bermain di dekat kolam sekolah sambal mencatat mengenal Allah melalui Ciptaan-Nya.

2)      Inovatif. Nilai ini dapat diterapkan sebagaimana yang diterapkan oleh pak ikhsan tentang EXAM BROWSER , ini dapat diterapkan di skeolah lain

3)      Mandiri , menumbuh kembangkan potensi diri agar bermanfaat bagi siswa dan orang lain. Sebagai contoh saya memiliki kemampuan MC, maka ketika ada kegiatan di sekolah dapat menerapkan nilai mandiri tanpa harus mengundang orang lain untuk menjadi MC. Ini lebih hemat dan yang paling penting adalah mendidik guru untuk berani tampil di depan umum.

4)      Kolaboratif. Nilai GP ini penting karena kita guru harus siap berkolaborasi dengan orang lain, baik teman sejawat, guru maupun wali murid.

5)      Reflektif. Penerapan dari nilai ini adalah mengevaluasi ketika kita pelaksanakan program atau kegiatan sekolah. Seperti setelah ada kegiatan Maulud Nabi, maka setelah kegiatan selesai maka harus ada kegiatan refleksi bersama untuk mengungkan kekuatan dan kekurangan yang kita miliki ketika pelaksanaan program ini. Kenapa harus di evaluasi? Agar dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan program program selanjutnya, jika ada nilai-nilai positif maka harus dipertahankan dan ditingkatkan. Jika ada nilai-nilai kekurangan maka harus diperbaiki untuk kemajuan bersama.

 

Mohon maaf….ini refleksi dari CGP angkatan 7, semoga bermanfaat.

Salam Guru –guru hebat. Tergerak, Bergerak, Menggerakkan. Semangat

 

Semoga nilai-nilai dan peran guru penggerak ini dapat diterapkan di sekolah masing-masing. Aamiin



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAQWA

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH DI DAMASKUS

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3