JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3
JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3
(Foto ketika mengikuti Lokakarya 1 di SMA Manyar 1 Gresik)
Perkenalkan :
Siti
Nor Hanifah, S.Pd.I,M.Pd
(Calon
Guru Penggerak Angkatan 7, UPT SMP Negeri 2 Gresik Jawa Timur)
Fasilitaor
Bapak Hariyanto, M.Pd
Pengajar
Praktik Ibu Shofi Majdiyah,S.Pd.I
Jurnal Dwi Mingguan 1.3
“VISI
GURU PENGGERAK”
Assalamualaikum
Wr.Wb
Alhamdulillah…Saya
mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan, keimanan
dan kesempatan untuk belajar dan berbagi dalam program “Pendidikan Calon Guru
Penggerak Angkatan 7 Kab. Gresik” Pada kesempatan kali ini saya akan
menceritakan perjalanan saya mengikuti modul 1.3.
Saya
masih ingat betul ketika CGP angkatan 7 melaksanakan Lokakarya 1 yang bertempat
di SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Rasa hati ini senang sekali karena selain dapat
bertatap muka langsung dengan guru hebat penuh inspirasi, saya juga dapat
belajar dengan Bapak/Ibu Pengajar Praktik yang telah sabar mendampingi dalam
setiap kegiatan yang harus dilalui oleh CGP.
(Upload
Foto )
Jurnal
refleksi dwi mingguan ini merupakan salah satu tugas untuk merefleksi kegiatan
CGP yang telah dilaksanakan. Melalui jurnal refleksi ini diharapkan setiap CGP
memiliki pengalaman dalam mengikuti kegiatan selama dua minggu.
Setelah
menyelesaikan alur MERDEKA pada modul 1.3 maka tugas selanjutnya adalah
melakukan refleksi atas apa yang telah saya lakukan ketika belajar modul 1.3.
Pada kesempatan ini saya merefleksi modul 1.3 dengan menggunakan Model 4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Fact
(Peristiwa)
2. Feelings
(Perasaan)
3. Findings
(Pembelajaran)
4. Future
(Penerapan)
Pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan refleksi Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Dari Visi Guru Penggerak Modul 1.3
FACT
(Peristiwa)
Pembelajaran modul 1.3 di
mulai dari tanggal 23 November 2022 dengan Modul “Visi Guru Penggerak “. Bapak
fasilitator memberikan informasi lewat w.a dengan sangat ramah, beliau bernama
Hariyanto,M.Pd.
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Semangat Pagi.... Semoga Ibu Bapak senantiasa
diberikan kesehatan dan dimudahkan dalam menjalankan tugas keseharian.
Bapak Ibu sahabat belajar yang berbahagia,....,
maaf hanya mengingatkan untuk giat hari
Rabu-Kamis, 23-24 November 2022 pada tautan 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep-Visi
Guru Penggerak yang terbagi menjadi 3 bagian :
1.3.a.4. Eksplorasi
konsep-belajar mandiri dengan tugas
menyimak tulisan : a. berpikir strategis , b. Inkuiri Apresiatif sebagai
paradigma, c. Inkuiri apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan (
BAGJA, Video Pusdatin), d. proses Inkuiri dalam BAGJA ( Video,
Amati-tiru-modifikasi pertanyaan BAGJA), e. Menjawab pertanyaan reflektif.
1.3.a.4.1. Eksplorasi
Konsep -Berbagi visi murid impian ( Berdiskusi secara Asinkronus),1.3.a.4.2.
Eksplorasi konsep- Berbagi kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif (Berdiskusi
secara Asinkronus )
Tidak ada pertemuan tatap
maya dalam tahap ini.
Selamat bereksplorasi ...
Salam semangat
Terimakasih....jangan
lupa bahagia...
Wassalamu'alaikum Wr Wb.
Tulisan penuh kasih saying
itu diinfokan digroup agar CGP dapat belajar individu dengan model MERDEKA.
Pada modul ini CGP
belajar bagaimana merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan
profil pelajar Pancasila. Sedangkan pada eksplorasi konsep CGP belajar tentang
PRAKARSA PERUBAHAN dengan model IA (Inkuiri Apresiatif).
Inkuiri Apresiatif adalah
sebuah paradigm untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan proses
perubahan, oleh karena IA merupakan salah satu pendekatan managemen perubahan.
Pendekatan IA menggunakan
model BAGJA. Materi ini dipelajarri dengan cara diskusi dengan kelompok secara
tatap muka maya yang dilaksanakan tanggal 24 Nopember 2022, mulai pukul 12.30
sampe 15.00 WIB. Tahapan BAGJA
1.
B : Buat pertanyaan
2.
A : Ambil Pelajaran
3.
G : Gali Mimpi
4.
J
: Jabarkan Rencana
5.
A : Atur eksekusi
Pada
tanggal 2 Desember ada materi tatap maya dengan Instruktur cantik bernama Ibu
Puji Astuti yang berasal dari Wonosobo. Beliau menyampaikan materi Prakarsa
Perubahan dengan santai, tetapi mudah dipahami. Banyak seklai saya jumpai
video-video inspiratif yang mendukung materi pembelajaran. Sehingga suasan
didunia maya ini lebih hidup, karena beliau pandai dalam menyampaikan materi
dan memberikan stimulus pada CGP.
Video ini merupakan karya CGP dalam menentukan prakarsa perubahan Visi guru penggerak yang kan diterapkan di sekolah dengan menggunkan tahapan BAGJA.
Selain ini untuk tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.1 , 1.2 dan modul 1.3 maka dapat diperolah fakta bahwa ada keterkaitan yang erat antara filosofi KHD tentang pendidikan, yaitu pendidikan merupakan sebuah taman, kebun lahan bercocok tanam dan tempat pesemaian benih-benih. Maka guru yang memiliki nilai dan peran guru penggerak yang kreatif, mandiri, berpusat pada siswa (modul 1.2 ) dapat diciptakan apabila kita memiliki Visi prakarsa perubahan yang jelas, dan bersemangat. Untuk mewujudkan cita-cita ini maka perlu pemahaman tentang konsep murid, nilai dan peran CGP maka kita dapat merumuskan Visi sekolah. Oleh karena itu materi ini saling terkait dan mendukung.
Sebagaimana tugas koneksi antar materi modul 1.1 , 1.2 dan 1.3
Tugas koneksi antar materi.FEELINGS (Perasaan)
Mengikuti kegiatan modul
1.3 ini perasaan saya senang dan semangat karena ada kegiatan diskusi bagaimana
cara merumuskan prakarsa perubahan , agar terbentuk VISI yang akan membawa
peserta didik untuk menjadi pribadi yang berkarakter dan sesuai dengan profil
pelajar Pancasila.
Rasa senang dan
termotivasi untuk mewujudkan visi ini dapat kita terapkan dengan penuh tanggung
jawab di sekolah.
FINDINGS ( Pembelajaran)
Setelah belajar modul 1.3 maka saya belajar
banyak hal, diantaranya: saya dapat
mengetahui bahwa dalam membuat Prakarsa Perubahan positif harus menggunakan
strategi dan pendekatan yang sesuai, misalnya menggunakan model IA dengan
tahapan BAGJA. Melalui modul ini saya memahami tentang langkah-langkah yang
dilalui dalam membuat VISI perubahan di sekolah. Tahapannya adalah : B-uat
Pertanyaan , A –mbil Pelajaran, G-ali mimpi, J-Jabarkan Rencana, A- Atur
Eksekusi. Dalam menyusun BAGJA dapat melalui ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi )
Untuk memwujudkan
perubahan yang positif maka kita harus belajar dan membuat strategi yang sesuia
dengan potensi siswa, komite, guru dan kondisi sekolah baik secara fisik maupun
non fisik.
FUTURE ( Penerapan)
Setelah mempelajari modul 1.3 ini tentang visi guru penggerak
maka saya dapat menerapkan dan menunjukkan visi baru yaitu : “Terwujudnya
peserta didik yang Religius, Kreatif, berbudaya dan berwawasan Global”.
Sebelum menyusun visi ini
saya menerapkan langkah-langkah BAGJA agar diperoleh hasil yang maksimal, agar
siswa dapat belajar dilingkungan pendidikan yang berkarakter.
Komentar
Posting Komentar