JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3

 JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3


(Foto ketika mengikuti Lokakarya 1 di SMA Manyar 1 Gresik)

 

Perkenalkan :

Siti Nor Hanifah, S.Pd.I,M.Pd

(Calon Guru Penggerak Angkatan 7, UPT SMP Negeri 2 Gresik Jawa Timur)

Fasilitaor Bapak Hariyanto, M.Pd

Pengajar Praktik Ibu Shofi Majdiyah,S.Pd.I

 

Jurnal Dwi Mingguan 1.3

“VISI GURU PENGGERAK”

Assalamualaikum Wr.Wb

Alhamdulillah…Saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan, keimanan dan kesempatan untuk belajar dan berbagi dalam program “Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kab. Gresik” Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya mengikuti modul 1.3.

Saya masih ingat betul ketika CGP angkatan 7 melaksanakan Lokakarya 1 yang bertempat di SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Rasa hati ini senang sekali karena selain dapat bertatap muka langsung dengan guru hebat penuh inspirasi, saya juga dapat belajar dengan Bapak/Ibu Pengajar Praktik yang telah sabar mendampingi dalam setiap kegiatan yang harus dilalui oleh CGP.

(Upload Foto )

Jurnal refleksi dwi mingguan ini merupakan salah satu tugas untuk merefleksi kegiatan CGP yang telah dilaksanakan. Melalui jurnal refleksi ini diharapkan setiap CGP memiliki pengalaman dalam mengikuti kegiatan selama dua minggu.

Setelah menyelesaikan alur MERDEKA pada modul 1.3 maka tugas selanjutnya adalah melakukan refleksi atas apa yang telah saya lakukan ketika belajar modul 1.3. Pada kesempatan ini saya merefleksi modul 1.3 dengan menggunakan Model  4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.      Fact (Peristiwa)

2.      Feelings (Perasaan)

3.      Findings (Pembelajaran)

4.      Future (Penerapan)

 

Pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan refleksi Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Dari Visi Guru Penggerak Modul 1.3

FACT (Peristiwa)

Pembelajaran modul 1.3 di mulai dari tanggal 23 November 2022 dengan Modul “Visi Guru Penggerak “. Bapak fasilitator memberikan informasi lewat w.a dengan sangat ramah, beliau bernama Hariyanto,M.Pd.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

 Semangat Pagi.... Semoga Ibu Bapak senantiasa diberikan kesehatan dan dimudahkan dalam menjalankan tugas keseharian.

Bapak  Ibu sahabat belajar yang berbahagia,...., maaf hanya mengingatkan untuk giat  hari Rabu-Kamis, 23-24 November 2022 pada tautan 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep-Visi Guru Penggerak yang terbagi menjadi 3 bagian :

1.3.a.4. Eksplorasi konsep-belajar mandiri dengan  tugas menyimak tulisan : a. berpikir strategis , b. Inkuiri Apresiatif sebagai paradigma, c. Inkuiri apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan ( BAGJA, Video Pusdatin), d. proses Inkuiri dalam BAGJA ( Video, Amati-tiru-modifikasi pertanyaan BAGJA), e. Menjawab pertanyaan reflektif.

1.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep -Berbagi visi murid impian ( Berdiskusi secara Asinkronus),1.3.a.4.2. Eksplorasi konsep- Berbagi kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif (Berdiskusi secara Asinkronus )

Tidak ada pertemuan tatap maya dalam tahap ini.

Selamat bereksplorasi ... Salam semangat

Terimakasih....jangan lupa bahagia...

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Tulisan penuh kasih saying itu diinfokan digroup agar CGP dapat belajar individu dengan model MERDEKA.

Pada modul ini CGP belajar bagaimana merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Sedangkan pada eksplorasi konsep CGP belajar tentang PRAKARSA PERUBAHAN dengan model IA (Inkuiri Apresiatif). 

Inkuiri Apresiatif adalah sebuah paradigm untuk mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan proses perubahan, oleh karena IA merupakan salah satu pendekatan managemen perubahan.

 

Pendekatan IA menggunakan model BAGJA. Materi ini dipelajarri dengan cara diskusi dengan kelompok secara tatap muka maya yang dilaksanakan tanggal 24 Nopember 2022, mulai pukul 12.30 sampe 15.00 WIB.  Tahapan BAGJA

1.      B : Buat pertanyaan

2.      A : Ambil Pelajaran

3.      G : Gali Mimpi

4.      J   : Jabarkan Rencana

5.      A : Atur eksekusi

 Pada tahap ini kita saling berdikusi di Ruang Kolaborasi pada modul 1.3 lewat LMS.


Situasi diskusi diruang kolaborasi 

Pada tanggal 2 Desember ada materi tatap maya dengan Instruktur cantik bernama Ibu Puji Astuti yang berasal dari Wonosobo. Beliau menyampaikan materi Prakarsa Perubahan dengan santai, tetapi mudah dipahami. Banyak seklai saya jumpai video-video inspiratif yang mendukung materi pembelajaran. Sehingga suasan didunia maya ini lebih hidup, karena beliau pandai dalam menyampaikan materi dan memberikan stimulus pada CGP.


Video ini merupakan karya CGP dalam menentukan prakarsa perubahan Visi guru penggerak yang kan diterapkan di sekolah dengan menggunkan tahapan BAGJA.

Selain ini untuk tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.1 , 1.2 dan modul 1.3 maka dapat diperolah fakta bahwa ada keterkaitan yang erat antara filosofi KHD tentang pendidikan, yaitu pendidikan merupakan sebuah taman, kebun lahan bercocok tanam dan tempat pesemaian benih-benih. Maka guru yang memiliki nilai dan peran guru penggerak yang kreatif, mandiri, berpusat pada siswa (modul 1.2 ) dapat diciptakan apabila kita memiliki Visi prakarsa perubahan yang jelas, dan bersemangat. Untuk mewujudkan cita-cita ini maka perlu pemahaman tentang konsep murid, nilai dan peran CGP maka kita dapat merumuskan Visi sekolah. Oleh karena itu materi ini saling terkait dan mendukung.

Sebagaimana tugas koneksi antar materi modul 1.1 , 1.2 dan 1.3

Tugas koneksi antar materi.

FEELINGS (Perasaan)

Mengikuti kegiatan modul 1.3 ini perasaan saya senang dan semangat karena ada kegiatan diskusi bagaimana cara merumuskan prakarsa perubahan , agar terbentuk VISI yang akan membawa peserta didik untuk menjadi pribadi yang berkarakter dan sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Rasa senang dan termotivasi untuk mewujudkan visi ini dapat kita terapkan dengan penuh tanggung jawab di sekolah.

 

FINDINGS ( Pembelajaran)

 Setelah belajar modul 1.3 maka saya belajar banyak hal, diantaranya:  saya dapat mengetahui bahwa dalam membuat Prakarsa Perubahan positif harus menggunakan strategi dan pendekatan yang sesuai, misalnya menggunakan model IA dengan tahapan BAGJA. Melalui modul ini saya memahami tentang langkah-langkah yang dilalui dalam membuat VISI perubahan di sekolah. Tahapannya adalah : B-uat Pertanyaan , A –mbil Pelajaran, G-ali mimpi, J-Jabarkan Rencana, A- Atur Eksekusi. Dalam menyusun BAGJA dapat melalui ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi )

Untuk memwujudkan perubahan yang positif maka kita harus belajar dan membuat strategi yang sesuia dengan potensi siswa, komite, guru dan kondisi sekolah baik secara fisik maupun non fisik.

  

FUTURE ( Penerapan)

Setelah mempelajari  modul 1.3 ini tentang visi guru penggerak maka saya dapat menerapkan dan menunjukkan visi baru yaitu : “Terwujudnya peserta didik yang Religius, Kreatif, berbudaya dan berwawasan Global”.

Sebelum menyusun visi ini saya menerapkan langkah-langkah BAGJA agar diperoleh hasil yang maksimal, agar siswa dapat belajar dilingkungan pendidikan yang berkarakter.


Inilah refleksi yang saya ceritakan, semoga bermanfaat. 

Salam Guru-guru hebat. Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan.

Wassalamualaikum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAQWA

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH DI DAMASKUS